Pages

Thursday, April 22, 2010

Jalan Kaki Cegah Stroke

JANGAN meremehkan manfaat berjalan kaki .Menurut penelitian di AS ,berjalan kaki dapat menurunkan resiko terserang stroke secara signifikan dikalangan perempuan paruh baya. ”Aktivitas fisik ,termasuk berjalan kaki rutin adalah perilaku penting dalam pencegahan stroke “ ungkap Jacob R sattelmair ,kandidat doktoral epidemiologi di Harvard School of Public Health ,AS.

     Sattelmair mengadakan riset yang menggunakan data dari 39.315 perempuan berusia rata – rata 54 tahun .Sebanyak 473 dari mereka mendarita stroke Ischemic (berhubungan dengan penyumbatan pembulu darah ) dan 102 mengalami  stroke hermorrhagic  (disertai pendarahan ) selama periode 11,9 tahun.

      Studi itu menemukan perempuan yang rutin berjalan kaki setiap hari dapat dengan cepat berpeluang 37% lebih kecil mengalami stroke jenis apapun dan 68% lebih rendah terserang stroke hermorrhagic  .Mereka yang berjalan 2 jam atau lebih perpekan dapat menurunkan resiko terserang stroke jenis apa pun sebesar 30% dan 57% untuk resiko resiko stroke hermorrhagic .

 

Eko Harmiko [10108684]

2KA 02

No comments:

Post a Comment