Pages

Thursday, April 22, 2010

Kata – kata dan Rasa Sakit

HASIL penelitian di Jerman, mengungkapkan kata – kata yang berhubungan dengan rasa sakit dapat mengaktifkan bagian otak yang menyimpan memori mengenai pengalaman – pengalaman yang menyakitkan.

Tim dari Universitas Friedrich Schiller Jena, Jerman meminta 16 pertisipan studi membaca kata – kata seperti ‘mengganggu’ , ‘menyiksa’ , dan ‘melelahkan’ ,sambil membayangkan situasi yang sesuai.Pada eksperimen kedua ,mereka diminta membaca kata – kata yang sama ,tetapi kali ini perhatian mereka dikacaukan dengan sebuah permainan asah otak.Selama eksperimen berlangsung ,otak para partisipan dipindai (scan)  functional magnetic resonance imaging.

“Terjadi aktivasi dibagian matriks rasa sakit “  ujar Dr . Thomas Weiss , sala satu peneliti .Hal itu terjadi pada dua eksperimen tersebut. Matriks rasa sakit adalah bagian otak yang menyimpan ingatan masa lalu mengenai pengalaman menyakitkan dan berlaku sebagai pengingat guna menghindari situasi menyakitkan dimasa depan .”Dalam dua kasus itu kita dapat menyaksikan aktivasi matriks rasa sakit yang jelas didalam otak oleh kata – kata yang berhubungan dengan rasa sakit “ kata Maria Richter ,pimpinan penelitian.   

 

Eko Harmiko [10108684]

2KA 02

No comments:

Post a Comment